Klien : Bapak R
Lokasi : Sukabumi
Tahun Proyek : 2019

Rumah tinggal dari Mr.R ini dirancang dengan konsep kontemporer. Memiliki luas bangunan 178.8m2. Hunian dirancang dengan penghawaan alami, aliran udara bisa dengan leluasa masuk dan menerus, sehingga udara di dalam bangunan terasa sejuk dan asri.

Memaksimalkan bukaan pada bangunan untuk memberi akses sinar matahari masuk ke dalam bangunan sehingga dapat menghemat penggunaan listrik pada siang hari.

Terdiri dari 2 lantai dengan fungsi ruang yang disesuaikan dengan setiap karakter dari penghuni rumah. Di samping itu adanya taman dapat menjadi view terbaik sebagai alternatif untuk berkumpul dengan anggota keluarga.

Fasad bangunan di buat lebih variatif agar tidak terkesan monoton. akan tetapi tidak terlalu banyak variasi material yang di pilih. Finishing dinding dominan putih yang membuat bangunan terkesan lebih sederhana namun elegan. Lalu, di sisipkan material batu alam pada dinding untuk menyiasati tampak agar tidak terlihat pucat dan lebih natural.

 

Ruang Tamu

Ruang tamu Mr.R dibuat lebih ramah dan terbuka untuk tamu yang datang dengan bukaan yang cukup lebar sehingga setiap tamu yang datang merasa seperti di sambut. Ventilasi yang mengalirkan udara dan jendela lebar yang mengakses cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. Menambah kenyamanan di dalam ruangan.

Ruang Keluarga

Koneksi ruang keluarga dengan taman belakang menjadi salah satu ruang dengan view dan sirkulasi yang cukup baik, dan menjadikan ruangan yang berkesan tidak kaku.

 

Dapur dan Ruang Makan

Mr.R menginginkan ruang dapur yang memiliki sirkulasi yang paling baik, dengan aliran udara langsung dan terpisah dari ruang lain, agar bau yang di timbulkan dapur tidak merebak ke ruangan lainya. sehingga kenyamanan di ruang lain tetap terjaga.

ruang makan yang berdekatan dengan dapur yang terkoneksi langsung dengan taman belakang bisa menjadi alternatif ruang favorit penghuni, dengan view taman yang menjadikan ruangan tidak terasa kaku.

 

Kamar Tidur Utama

Aspek penting yang di utamakan dalam mendesain kamar tidur adalah kenyamanan sirkulasi udara yang menjadikan ruangan sejuk dan tidak lembab. masuknya cahaya yang perlu di pertimbangkan, agar cahaya yang masuk tidak kurang ataupun berlebih.

pemilihan warna dinding yang bernuansa putih memberi kesan tenang.

 

Kamar Mandi Kamar Utama

Kamar mandi di kamar utama sebagai ruang privasi yang tidak bisa di akses secara umum. ventilasi yang mengalir dan menerus, serta masuknya cahaya matahari tentu di pertimbangkan dengan baik agar kamar mandi tidak lembab dan tidak menjadi sarang berkembang biak nya penyakit.

 

Kamar anak

Kamar anak yang di tempatkan di lantai 2 menjadikan ruangan lebih privat. material finishing dinding dengan cat warna putih agar ruangan terkesan lebih luas. ruangan di perhitungkan untuk penempatan furnitur nya agar anak lebh nyaman dengan ruangan privasi nya.

 

Ruang Keluarga lantai 2

Ruang keluarga lantai 2 yang menjadi ruang favorit untuk berkumpul, dan akses yang terkoneksi dengan balkon. bukaan yang lebar, sirkulasi yang menerus dan cahaya matahari yang cukup, menjadikan ruangan ideal untuk bersantai.

Tempat Jemur (Ruang Laundry)

Ruang Laundry dan ruang jemur di tempatkan di lantai 2 dengan posisi yang langsung di soroti cahaya matahari. sesuai dengan fungsi dan kebutuhan ruang nya.