Desain Rumah Ekletik
Desain Rumah EkletikDesain Rumah EkletikDesain Rumah EkletikDesain Rumah Ekletik
Desain Rumah EkletikDesain Rumah EkletikDesain Rumah EkletikDesain Rumah Ekletik
DESAIN RUMAH EKLETIK

Ketika anda sedang mencari inspirasi untuk membangun atau merenovasi rumah, tentunya ada banyak pilihan konsep desain yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Dari sekian banyak pilihan, salah satu rekomendasi dari para pakar arsitektur adalah desain rumah ekletik. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas pada artikel kali ini.

Fakta Menarik Tentang Desain Rumah Ekletik

Desain rumah ekletik merupakan konsep desain yang menggabungkan unsur gaya historis dari masa sebelumnya dengan masa terkini untuk menciptakan sesuatu yang baru dan asli. Dalam arsitektur dan desain interior, elemen-elemen ini mencakup struktur bangunan, furnitur, motif dekorasi, ornamen sejarah, motif budaya tradisional atau gaya dari negara lain. 

Pada akhir abad ke-19, wilayah Amerika Serikat dan Eropa mengalami revolusi industri yang sangat masif, sehingga memunculkan material baru pada arsitektur seperti besi tempa, besi cor, kaca, dan baja menjadi opsi bahan bangunan yang lebih praktis untuk digunakan. Namun demikian, tanpa adanya panduan jelas tentang penggunaan bahan-bahan baru tersebut, tidak sedikit arsitek yang mencari ide dan melihat pada gaya arsitektur masa lalu. Pada masa akhir Abad ke-19 sangat identik dengan serangkaian pergerakan kebangkitan, di mana gaya populer di masa lalu muncul kembali sebagai simbol dari kebangsawanan di masa modern.

Ciri Khas Gaya Ekletik

Gaya eklektik muncul di akhir abad ke-19 disebabkan para arsitek saat itu ingin mencari gaya baru yang belum pernah dilihat sebelumnya. Dengan dasar gaya-gaya desain populer dari masa lalu, mereka kemudian memadukan dan menacmpur berbagai macam gaya yang akhirnya memunculkan banyak ide dengan ciri khas freedom of expression. Motivasi utama dari gaya ekletik adalah unsur penciptaan, bukan nostalgia demi memunculkan sebuah desain yang bersifat orisinil. Ciri khas yang mencolok dari desain rumah ekletik adalah sebagai berikut:

  • Pemilihan furniture yang fungsional
  • Gaya setiap ruangan rumah yang konsisten
  • Penggunaan satu warna utama
  • Penekanan gaya pada dekorasi rumah
  • Pola geometris pada furniture dan dinding rumah
  • Lantai dengan motif parket, kayu solid, atau ubin
  • Aksesoris yang beraneka ragam dari berbagai zaman

Sejarah dan Tokoh Gaya Ekletik

Sebagai sebuah gerakan, tren desain rumah ekletik pertama kali muncul di Eropa, khususnya yang muncul dari gaya Beaux Arts Prancis dan arsitektur Victoria Inggris. Ketika para arsitek didorong untuk mengeksplorasi kebebasan berekspresi dan kreatif mereka, daripada sekadar mengikuti permintaan klien.

Di Amerika, eklektisisme jauh lebih berpengaruh dengan arsitek seperti Richard Morris Hunt mengadopsi pendekatan Beaux Arts dalam desain mereka. Sebagaimana ciri khas arsitek Amerika yang lebih fleksibel dan sesuai dengan pilihan gaya mereka juga permintaan klien. Karena banyak dari arsitek ini memilih untuk menggabungkan fitur bersejarah yang sebelumnya hanya terlihat dalam arsitektur Eropa. Desain rumah eklektik dianggap berkontribusi pada rasa budaya dan sejarah yang kaya.

Selama tahun 1930-an, Modernisme dan Art Deco menjadi lebih populer sebagai akibat dari ketersediaan luas teknologi dan material baru serta akses ke sekolah desain baru. Akibatnya, eklektisisme menurun. Modernisme dipandang sama sekali baru dan inovatif, dan menjauh dari imitasi historis. Namun eklektisisme kemudian dihidupkan kembali dalam bentuk yang lebih baru dengan munculnya post-modernisme.

Inspirasi Gaya Ekletik


Contoh ruangan bergaya ekletik di atas sangat kental dengan nuansa ekletik dengan ciri-ciri yang telah disebutkan di atas. Mulai dari pemilihan warna, furniture, dan dekorasi yang mencerminkan kepribadian dinamis dari pemiliknya.

Untuk menambah wawasan dan inspirasi anda, di bawah ini adalah contoh rumah dengan gaya ekletik hasil karya Tim Arsitek Suba-Arch yang bisa anda pertimbangkan untuk membangun hunian impian anda:

Eksterior Gaya Ekletik



Interior Gaya Ekletik



Apakah anda sudah mendapatkan inspirasi setelah membaca informasi dan melihat contoh desain rumah ekletik pada artikel kali ini?. Bila anda ingin mebangun atau merenovasi rumah dengan gaya ekletik, anda bisa konsultasikan bersama Tim Arsitek Suba-Arch dengan mengklik link ini.

Demikian pembahasan artikel konsep desain rumah ekletik kali ini. Semoga di masa pandemi ini kita senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan. Untuk anda yang sedang berencana membangun rumah semoga diberkahkan dan dilancarkan rejekinya agar kelak mendapatkan hunian impian.