DESAIN RUMAH KONTEMPORER

Tahukah anda, tidak sedikit dari pakar arsitektur rumah yang mengatakan bahwa konsep desain rumah kontemporer ini lebih tepat disebut sebagai tren dibandingkan konsep desain, hal ini disebabkan karena ia merupakan perpaduan antara konsep desain rumah minimalis yang senantiasa menyisipkan aspek alami di dalamnya dan konsep desain tradisional yang identik dengan material kayu. Dari perpaduan dua konsep desain tersebut, lahirlah sebuah konsep desain rumah baru yang tentunya menarik ketika dilihat dan nyaman ketika ditinggali.

Dalam keterangan lainnya dijelaskan bahwa desain rumah kontemporer lebih mengutamakan unsur minimalis yang sederhana, namun tetap berani dalam memainkan motif. Konsep desain kontemporer sendiri merupakan bentuk modernisasi baru. Lepas dari aturan-aturan gaya desain konvensional yang tradisional dan tidak terikat dengan batasan desain tertentu. Adapun ciri khas yang paling mencolok dari gaya kontemporer ini di antaranya sebagai berikut:

  • Ukuran jendela yang besar untuk mendapat cahaya matahari yang maksimal
  • Lantai dengan motif atau material kayu yang cenderung polos
  • Ruangan-ruangan dengan konsep terbuka tanpa sekat
  • Furniture dengan bentuk dan motif sederhana
  • Material dengan kesan natural yang kuat
  • Garis lurus untuk desain eksterior rumah

Tokoh Arsitek Gaya Kontemporer

Salah satu dari sekian banyak tokoh arsitek yang mengembangkan desain rumah kontemporer pada karya-karyanya ialah Piet Blom (8 Februari 1934, Amsterdam – 8 Juni 1999, Denmark). Ia adalah seorang arsitek Belanda yang terkenal dengan Rumah Kubusnya (Kubuswoningen) yang dibangun di Helmond pada pertengahan 1970-an dan di Rotterdam pada awal 1980-an. Ia belajar di Amsterdam Academy of Building-Arts sebagai murid dari Aldo van Eyck. Piet terpilih sebagai penerima Prix de Rome pada tahun 1962. Piet Blom, Aldo van Eyck, Herman Hertzberger a.o. adalah perwakilan dari gerakan Strukturalisme. Sebagai bentuk penghargaan, dibangunlah sebuah museum yang didedikasikan untuk karya Piet BLom yang telah dibuka sejak Mei 2013 di Hengelo, Belanda.

Salah satu karya fenomenal Piet Blom yang bernama Cube Houses dibangun pada awal 1980-an di Rotterdam, Belanda.

Inspirasi Desain Rumah Kontemporer

Gaya kontemporer tidak hanya memunculkan beberapa unsur dan elemen modernisme, namun juga mengadopsi beberapa elemen dari gaya futuristik, art deco, dekonstruktivisme, dan beberapa gaya interior lain.

Gaya kontemporer pada interior senantiasa mengedepankan suasana ruang yang rapi dan bersih. Sebuah gaya desain yang bisa dikatakan merepresentasikan popularitas gaya masa kini. Yang paling menarik dalam gaya kontemporer ini adalah gaya ini bersifat dinamis, sehingga akan selalu terus berkembang. Anda selalu dapat memperbarui konsep gaya interior kontemporer sesuai tren yang ada.

Ciri khas lain dari desain rumah kontemporer adalah penggunaan banyak garis yang terlihat kontras dan ramping. Dapat diselaraskan dengan penggunaan linen atau wol pada bantal, bedcover, beludru, bahan sutra, dan beberapa perabotan lainnya. Dengan tujuan untuk menghilangkan kesan kaku dan menampakan aksen yang lebih menarik.

Seyogyanya saat berencana membangun atau merenovasi rumah, tentunya kita memerlukan inspirasi agar dapat dituangkan menjadi sebuah ide atau konsep sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Berikut ini adalah contoh lain rumah dengan desain kontemporer hasil karya Tim Arsitek Suba-Arch yang bisa anda pertimbangkan untuk membangun hunian impian anda:

Konsep Desain Rumah Kontemporer Konsep Desain Rumah Kontemporer Konsep Desain Rumah Kontemporer
Desain Rumah Kontemporer Desain Rumah Kontemporer Desain Rumah Kontemporer
Desain Rumah Kontemporer Desain Rumah Kontemporer Desain Rumah Kontemporer
Desain Rumah Kontemporer Desain Rumah Kontemporer Desain Rumah Kontemporer

Apakah anda sudah mendapatkan inspirasi setelah membaca informasi dan melihat contoh desain rumah kontemporer pada artikel kali ini?. Bila anda ingin mebangun atau merenovasi rumah dengan gaya kontemporer, anda bisa konsultasikan bersama Tim Arsitek Suba-Arch dengan mengklik link ini.

Demikian pembahasan artikel tentang gaya kontemporer kali ini. Semoga di masa pandemi ini kita senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan. Untuk anda yang sedang berencana membangun rumah semoga diberkahkan dan dilancarkan rejekinya agar kelak mendapatkan hunian impian.