Desain Rumah KlasikDESAIN RUMAH SCANDINAVIAN

Dewasa ini, saat kita berencana untuk membangun atau merenovasi rumah, kita bisa mencari inspirasi melalui informasi konsep desain rumah yang terdapat di berbagai platform dengan mudah. Ada banyak style yang dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan kondisi. Jika anda adalah pribadi yang ingin tampil beda, desain rumah scandinavian adalah salah satu gaya yang paling direkomendasikan. Seperti apa penjelasan detailnya?. Mari kita bahas pada artikel kali ini.

Fun Fact Tentang Gaya Rumah Scandinavian

Desain rumah scandinavian adalah gaya yang memunculkan konsep khas negara-negara Skandinavia. Skandinavia terdiri dari beberapa negara Eropa yang terdiri dari Swedia, Denmark, Finlandia, Islandia, dan Norwegia. Negara-negara tersebut berada pada wilayah Skandinavia yang terkenal dengan rancangan gaya bangunan yang menawan. Hari ini konsep desain Scandinavian semakin populer dan banyak diterapkan di rumah-rumah masa kini.

Popularitas gaya Scandinavian ini tidak hanya menyebar di Indonesia. Di beberapa negara lain pun rumah gaya khas Scandinavian ini juga cukup digemari. Utamanya karena ia merupakan konsep desain yang cukup unik dan cukup berbeda secara fisik dibandingkan yang lainnya.

Ciri Khas Rumah Gaya Scandinavian

Bila anda ingin mencoba menerapkan gaya scandinavian pada rumah anda, berikut ini adalah tips yang bisa anda aplikasikan:

  • Pilihlah warna netral untuk setiap ruangan yang berada di dalam rumah seperti warna putih, biru muda, abu-abu muda, atau warna pastel lainnya.
  • Gunakan jendela yang berukuran tinggi dan lebar untuk memaksimalkan masuknya cahaya matahari dari luar. Dengan begitu anda bisa lebih menghemat energi listrik dan rumah anda lebih terasa nyaman dengan efek cahaya matahari yang dramatis.
  • Gunakan furniture dan dekorasi dengan ciri khas scandinavian yang sangat kuat. Seperti karpet, gorden, taplak, lukisan, lampu gantung, atau dekorasi lainnya.
  • Munculkan corak elemen kayu pada dinding atau lantai di sebagian area rumah. Anda dapat mengaplikasikan warna cerah untuk lebih memunculkan karakter kayu pada bangunan.
  • Gunakan furniture dengan bentuk yang minimalis untuk memunculkan kesan elegan pada rumah anda.
  • Gunakan dekorasi dengan aksen natural yang cukup kuat untuk menegaskan konsep rumah bergaya scandinavian. Seperti corak kayu, bebatuan, air, dan corak alam lainnya.

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Menerapkan Gaya Scandinavian

1. Konsep Cinta Alam

Masyarakat yang tinggal di wilayah Scandinavian memiliki kecintaan akan alam yang mengakar kuat dan sebisa mungkin mereka mengambil setiap kesempatan untuk berada di alam terbuka. Maka dari itu, dalam merancang model rumah Scandinavian, mereka berupaya memasukkan sebanyak mungkin unsur alam di dalam rumah.

2. Kesederhanaan Dalam Membuat Rancangan

Keindahan arsitektur dan desain Scandinavian terletak pada kesederhanaannya. Tidak ada detail atau ornamen yang berlebihan, tidak penting, atau tidak bermanfaat, seperti pada model rumah ini.

3. Konsep Terbuka dan Terang

Cahaya alami sangat penting di wilayah Scandinavian, terutama di bulan-bulan musim dingin, karena berpengaruh terhadap kesejahteraan, kebahagiaan, dan produktivitas para penghuninya. Oleh karena itu, jendela kaca berukuran besar penuh akan berjajar di sisi rumah Scandinavian untuk menangkap sinar matahari siang hari sebanyak mungkin. Selain itu, jendela umumnya tetap bersih, hampir tidak ada gorden atau blind tebal.

4. Material Bangunan Alami

Kayu dan bahan alami lainnya digunakan untuk interior yang secara visual dan fisik merupakan tekstur yang berkesan hangat, berfungsi sebagai insulator alami. Lantai kayu, dinding, dan tangga bahkan langit-langit berpanel kayu menciptakan ruang yang terlihat hangat dan suasana yang ramah.

5. Fungsional dan Nyaman

Seperti halnya eksterior rumah bergaya Scandinavian, interiornya juga ditandai dengan kesederhanaan yang dirancang untuk kehidupan fungsional dan nyaman. Trik memanfaatkan setiap sudut ruang di bawah tangga ini merupakan contoh bagus desain fungsional dan efisien yang juga nyaman. Di sini terdapat tempat duduk built-in sekaligus dipan dan penyimpanan built-in yang membuat tampilan bersih dan berkesan lapang.

Inspirasi Rumah Gaya Scandinavian

Untuk menambah wawasan dan inspirasi anda, berikut adalah contoh bangunan yang menggunakan konsep desain scandinavian hasil karya Tim Arsitek Suba-Arch

Desain Rumah Scandinavian Desain Rumah Scandinavian Desain Rumah Scandinavian

Desain Rumah Scandinavian Desain Rumah Scandinavian Desain Rumah Scandinavian

Desain Rumah Scandinavian Desain Rumah Scandinavian Desain Rumah Scandinavian

Desain Rumah Scandinavian Desain Rumah Scandinavian Desain Rumah Scandinavian

Apakah anda sudah mendapatkan inspirasi setelah membaca informasi dan melihat contoh rumah bergaya scancinavian pada artikel kali ini?. Bila anda ingin mebangun atau merenovasi rumah dengan gaya scandinavian, anda bisa konsultasikan bersama Tim Arsitek Suba-Arch dengan mengklik link ini.

Demikian pembahasan artikel konsep rumah industrial kali ini. Semoga di masa pandemi ini kita senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan. Untuk anda yang sedang berencana membangun rumah semoga diberkahkan dan dilancarkan rejekinya agar kelak mendapatkan hunian impian.