1.Indikator Interior

  • Tema-Tema Desain Interior

Berikut beberapa tema desain yang banyak di gunakan.

Desain minimalis

 interior rumah minimalis adalah rumah yang sempit namun menjadi terasa luas karena penataan yang pintar.

Desain Interior Tema Kontemporer

Warna-warna yang digunakan pada tema ini biasanya dipusatkan pada satu warna yang menjadi aksen.Desain kontemporer biasanya banyak menampilkan lekukan-lekukan sehingga menampilkan kesan  hangat.Dan desain furniture dari kontemporer biasanya sederhana.

Desain Interior Tema Klasik.

Dalam desain interior rumah bertema klasik beberapa warna yang dapat menjadi pertimbangan antara lain, warna putih klasik, biru keabu-abuan. Selain itu warna lain yang bisa menjadi kombinasi adalah warna kuning, hijau, kuning dan coklat. Perpaduan yang apik dari warna-warna tersebut akan menciptakan suasana tempo dulu yang tetap menawan untuk masa kini.

2.Mengenal Efek Warna

  • Putih

Warna putih dapat memberikan kesan luas, bersih, dan terang. tapi, terlalu banyak menggunakan warna putih dapat menimbulkan ketidak nyamanan pada mata karena warna putih akan memantulkan cahjaya yang diterima.

  • Merah

Warna merah mampu meningkatkan atau menmbangkitkan energi fisik. Tapi, penggunaan warna merah yang berlebihan juga mampu membangkitkan emosi.Untuk itu penggunaan warna merah harus sangat diperhatikan .

  • Kuning

Penggunaan warna kuning sebagai warna dasar atau warna yang mendominasi sebuah ruang dapat menyebabkan mata lelah sehingga menjadi tidak nyaman.Bidang dinding atau furniture berwarna kuning berwarna kuning akan memantulkan cahaya yang diterimanya.Oleh karena itu, sebaiknya warna  kuning dsipadukan dengan warna-warna  sejuk , misalnya hijau, biru, bahkan cokelat.

  • Hijau 

Warna hijau sering dianggap sebagai warna yang memberikan ketenangan dan menjadikan suasana lebih santai.Efek dari penggunaan warna hijau akan mengistirahatkan pikiran karena hijau dapat menyeimbangkan emosi.

  • Biru

Warna biru dapat memberikan pengaruh positif bagi penggunanya.Oleh karena itu warna biru sering digunakan pada interior ruang kerja selain memberikan dampak positif bagi produktivitas kerja, warna biru juga dapat berpengaruh pada selera makan.Penggunaan warna biru pada piring akan meningkatkan nafsu makan.

  • Hitam 

Warna yang memberikan kesan mewah, elegen, memesona, kuat, agung, teguh, dan rendah hati.Tapi, warna ini juga memiliki kesan negatif yaitu hampa, sedih, ancaman, penindasan, putus asa, dosa, kematian, atau bahkan penyakit.Warna hitam akan menyerap segala yang dihasilkan warna lain.

  • Abu-abu

Abu-abu melambangkan kebijaksanaan, dewasa, tidak egois, tenang, dan seimbang.Warna abu-abu juga mengandung arti lamban, kuno, lemah, kehabisan energi, dan kotor.Kesan ringan yang dimiliki warna abu-abu dapat menyeimbangkan kesan penuh dan padat yang dihasilkan yang dihasilkan oleh warna hitam atau merah.