Construction Supervisor

SUBA-Arch menyediakan layanan Construction Supervisor atau pengawasan kontruksi bangunan secara berkala. Tujuan dari pengawasan adalah untuk memaksimalkan proses kontruksi sesuai dengan perencanaan dan meminimalisir resiko salah bangun yang mengakibatkan pembongkaran dan pengulangan pekerjaan tanpa kehadiran owner.

Apabila anda telah menunjuk kontraktor untuk melaksanakan pembangunan namun anda sangat sibuk hanya bisa memantau proyek sesekali. Pastikan anda memiliki pengawas di proyek anda. Karena pengawas kontruksi dapat menjadi representatif anda di lapangan untuk menjaga akurasi desain, kualitas material, Kualitas pekerjaan dan mengontrol time schedule proyek anda secara keseluruhan. Team site supervisor atau pengawas lapangan kami secara profesional bertindak sebagai “mata” anda di lapangan. Laporan pengawasan akan direkap dan dapat diakses secara private melalui website suba-arch.

Pekerjaan Pengawasan dihitung 3 % sampai 7% dari nilai RAB. Semakin tinggi nilai project persentase perhitungan untuk biaya pengawasan semakin kecil.

  1. Pemeriksaan shop drawing yang dipersiapkan oleh Kontraktor dengan memperhatikan kemudahan di dalam pelaksanaan konstruksi, penjadwalan, urutan pekerjaan yang berkaitan.
  2. Mengevaluasi, mengkoordinasi dan mengendalikan program kegiatan konstruksi yang disusun oleh Kontraktor yang terdiri atas program pencapaian sasaran konstruksi, program penyediaan dan penggunaan material serta penggunaan dana.
  3. Memberikan instruksi yang perlu kepada kontraktor dalam pelaksanaan pekerjaan agar berlangsung sesuai dengan ketetapan kontrak. Namun pengambil keputusan adalah owner.
  4. Melakukan pemeriksaan atas seluruh daerah kerja dan semua instansi yang mendukung pelaksanaan pekerjaan.
  5. Melaksanakan pengecekan material konstruksi sesuai dengan spesifikasinya.
  6. Memeriksa rencana kerja Kontraktor sehubungan dengan :
    • Peralatan yang digunakan
    • Lokasi penyedia material konstruksi
    • Kontrak dari sifat material tersebut sesuai spesifikasi.
  7. Mengawasi pelaksanaan pekerjaan konstruksi dari segi kualitas, kuantitas serta laju pencapaian progres pekerjaan.
  8. Mengawasi ketetapan waktu dan biaya konstruksi.
  9. Mengusulkan perubahan-perubahan serta penyesuaian di lapangan untuk memecahkan persoalan-persoalan yang terjadi selama pekerjaan konstruksi dan owner merupakan pengambil keputusan.
  10. Membuat laporan akhir Proyek berisi mengenai seluruh kegiatan pelaksanaan selama Proyek berlangsung. Direkap secara online dan dapat diakses secara private melalui website suba-arch.

Sistematika Pembayaran

Sistem pembayaran untuk pengawasan adalah secara periodik setiap bulan sesuai dengan nilai project dan lamanya pelaksanaan project. Biaya ini tidak termasuk akomodasi apabila project berada diluar Sukabumi. Apabila pekerjaan tidak bisa diselesaikan dalam waktu yang telah ditentukan dalam kontrak, akan dikenakan biaya tambahan sesuai penambahan waktu untuk penyelesaian project.