Klien : Bapak Al
Lokasi : Sukabumi
Tahun Proyek : 2019

Pada proyek perancangan suba-arch kali ini, tim suba-arch diminta untuk merencanakan desain rumah tinggal. Klien menginginkan rumah dengan tampilan industrial di lahan berkontur miliknya. Klien juga menginginkan tiap ruangan mempunyai pencahayaan dan penghawaan alami yang baik.

Langkah awal yang dilakukan oleh arsitek adalah mempertimbangkan kondisi tapak yang berkontur. untuk menyiasati lahan, arsitek memutuskan untuk menggunakan ramp sebagai jalur sirkulasi dari ruang bawah ke ruang atas, penggunaan ramp ini dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan, dan menciptakan kesan ruang yang berbeda.

Susunan ruang pada rumah ini diatur sedemikian rupa sehingga tiap ruangnya mempunyai bukaan tersendiri untuk akses masuk cahaya dan penghawaan alami. Untuk memaksimalkan pencahaayaan alami arsitek menggunakan jendela kaca dengan bukaan yang besar dan penggunaan material berongga seperti roster menjadi solusi jalur masuk udara ke dalam ruangan.

Arsitek banyak menggunakan material besi, dan juga mengekspos pada bagian tertentu material bangunan yang digunakan untuk lebih memunculkan kesan industrial.