Klien: Ibu SE
Lokasi: Serpong, Tanggerang Selatan
Tahun Proyek: 2019

Pada proyek perancangan suba-arch kali ini, tim suba-arch diminta untuk merencanakan desain renovasi rumah tinggal.
Klien menginginkan untuk menggabungkan 2 unit rumah, dengan beberapa perluasan ruang dan penambahan fungsi ruang, juga perubahan tampilan agar terlihat lebih modern dan kekinian.

Langkah awal yang dilakukan oleh arsitek adalah mempertimbangkan kondisi bangunan sebelum direnovasi, ruang mana saja yang bisa dipertahankan dan ruang mana saja yang akan dihilangkan untuk menggabungkan kedua unit rumah ini. pada kondisi existing, ruang yang berdempetan antar unit rumah adalah kamar mandi, ruang tidur, dan dapur. Arsitek memutuskan untuk memilih dinding antar kamar yang dihilangkan karena sistem kelistrikan dan saluran air bersih pada ruangan ini tidak terlalu kompleks dibandingkan ruang yang lainnya. Ruang kamar yang telah disatukan ini dijadikan sebagai ruang keluarga. Dinding pembatas antar dapur juga dihilangkan untuk menggabungkan kedua dapur sehingga memberikan kesan lebih luas.

Dari segi tampilan, arsitek memutuskan untuk menggunakan konsep modern kontemporer sebagai pemenuhan terhadap keinginan klien. Dominasi warna putih, bentuk dasar geometri kotak, dan elemen garis sebagai ornamen dipilih sebagai penerapan konsep modern kontemporer. Karena fasad rumah ini menghadap ke arah barat yang rentan terkena radiasi sinar matahari maka bukaan pada bagian depan rumah diminimalisir dan kulit luar bangunan menggunakan material batu alam guna meminimalisir biaya perawatan.